Presiden Targetkan Indonesia Raih 16 Emas di Asian Games
Thursday, 09 August 2018
Presiden Targetkan Indonesia Raih 16 Emas di Asian Games

Kontingen Indonesia diberi target minimal mendapatkan 16 medali emas pada Asian Games XVIII yang bakal dimulai 18 Agustus.


Dengan target itu Indonesia setidaknya akan masuk dalam 10 besar pada gelaran olahraga terbesar se-Asia tersebut. Target itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melepas kontingen Indonesia kemarin. “Saya senang sekali, sangat gembira sekali.  Saya bisa bertemu dan kemudian melepas para atlet untuk berlaga di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang,” katanya di halaman Istana Negara, Jakarta, kemarin. 

Mantan Wali Kota Solo ituoptimistis target tersebut dapat dicapai. Apalagi semua atlet yang mewakili Indonesia pada Asian Games mendatang merupakan putra putri terbaik Indonesia. “Insyaallah emas akan sebanyak-banyaknya kita dapatkan. Targetnya tadi jelas masuk 10 besar. Emas minimal 16. Artinya kalau tambah banyak boleh, kurang satu pun tidak boleh.

Jelas itu,” tegasnya. Jokowi mengatakan, keyakinan itu juga muncul setelah melihat langsung proses pelatihan para atlet. Dia menandaskan, setiap cabang olahraga yang mewakili Indonesia telah melalui proses pelatihan yang tidak sebentar. “Saya juga telah menengok beberapa pelatihan yang telah diadakan.

Di pencak silat, jetski, layar, skateboard, dayung. Saya kira pelatihan-pelatihan dalam jangka panjang menghasilkan prestasi cukup baik,” ungkapnya. Pada kesempatan itu Jokowi juga menegaskan bahwa seluruh rakyat Indonesia memberikan dukungan penuh kepada atlet-atlet yang berlaga di Asian Games.

Untuk itu dia meminta agar para atlet dapat menjaga nama baik Indonesia dengan bertanding secara sehat dan adil. “Yakinlah 263 juta penduduk Indonesia berada di belakang saudara-saudara untuk berkumandangnya Indonesia Raya dan Merah Putih setelah ada kemenangan,” ungkapnya.

Menteri Koordinator (Menko) bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, sejak awal Indonesia memang menargetkan mencapai 10 besar. Untuk mencapai emas tersebut, kontingen Indonesia minimal harus meraih 16 sampai 17 medali emas.

“Tim Indonesia siap menggelorakan siap berjuang meraih prestasi tertinggi demi berkumandangnya lagu Indonesia Raya dan berkibarnya bendera Merah Putih,” sebutnya. Puan mengatakan, tim Indonesia yang akan bertanding di Asian Games berjumlah 1.383 orang.

Mereka terdiri atas 938 atlet, 365 ofisial, dan 80 headquarter. “Tim yang sudah dikukuhkan tiga hari yang lalu di Istora Gelora Bung Karno ini akan mengikuti 40 cabang olah raga, pada 67 disiplin, dan 465 nomor pertandingan untuk memperebutkan 465 medali emas,” paparnya Ada sejumlah cabang olahraga yang akan dimulai sebelum acara pembukaan Asian Games, salah satunya sepak bola.

Sejak 10 Agustus akan dimulai babak penyisihan cabang sepak bola. Tim Indonesia akan bertanding pada 12 Agustus melawan China Taipe di Stadion Patriot Candrabaga Bekasi. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan, salah satu cabang olahraga yang menjadi andalan untuk meraih emas adalah bulu tangkis.

“Yang memberi target cabang olahraga. Cabang olahraga kasih target ke kita, baru pemerintah umumkan. Dayung, bulu tangkis, angkat besi, pencak silat, panahan. Jadi itueberapa. Lalu ada taekwondo, karate, dan wushu,” katanya.

 

(don)