Ada Pengerjaan Tol Elevated, 3 Lajur Tol Jakarta-Cikampek Ditutup
Tuesday, 17 July 2018
Ada Pengerjaan Tol Elevated, 3 Lajur Tol Jakarta-Cikampek Ditutup

BEKASI – Bagi masyarakat yang biasa melintas di ruas tol Jakarta – Cikampek diimbau mencari jalan alternatif selama lima bulan ke depan terhitung, pada Selasa (17/7/2018) hari ini, hingga akhir Desember.

Pasalnya, dalam jangka waktu tersebut tiga jalur di kedua arah tol itu bakal ditutup sementara, guna proses pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated berupa, kegiatan komisioning erection steel box girder dengan launcher gantry.

Pemimpin Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated Iwan Dewantoro mengatakan, kegiatan komisioning merupakan proses operasional suatu pekerjaan secara real/nyata maupun secara simulasi untuk memastikan kelayakan pekerjaan tersebut.

“Artinya, kita ingin memastikan pekerjaan proyek jalan tol ini telah dilaksanakan, dan memenuhi semua peraturan yang berlaku seperti, regulasi, kode, dan sesuai standar yang telah ditetapkan,” ujar Iwan, Selasa (17/7/2018).

Adapun dalam proses ini, kata Iwan, pihaknya akan menggunakan launcher gantry sebagai alat erection steel box girder. dan sebelumnya pun sudah mengggunkan tandem crane untuk kegiatan serupa. “Kegiatan ini guna memastikan keamanan dan keselamatan proyeknya,” kata Iwan.

tol arah cikampek perbaikan (Jasa Marga)

Iwan menjelaskan, pihaknya berencana akan melakukan keseluruhan pelaksanaan erection steel box girder dengan launching gantry tersebut secara pararel dan dijadwalkan di tiga lokasi median Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting yaitu dari Bekasi Barat ke Bekasi Timur, Bekasi Timur ke Tambun.

“Satu lagi di ruas tol Cikarang Barat ke KM. 39 pada bulan Agustus 2018. Untuk secara keseluruhan pekerjaan ini dijadwalkan selesai pada akhir bulan Desember 2018. Karena kegiatan proyek ini termasuk kategori pekerjaan dengan risiko tinggi, tiga jalur di ruas tol akan ditutup sementara,” jelas Iwan.

“Penutupan kita lakukan saat window time atau proses kegiatan berlangsung yaitu, antara pukul 21.00 WIB-05.00 WIB. Dan yang akan di tutup yakni, tiga lajur yakni, lajur 4, 3 dan 2 arah Cikampek, dan arah Jakarta,” sambung Iwan.

Iwan mengakui, penutupan lajur saat kegiatan ini berlangsung dilakukan demi keamanan dan keselamatan kerja untuk pekerja proyek maupun, keamanan dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Atas nama PT JJC, kami mohon maaf jika terdapat hambatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk tiga arah di sekitar Bekasi Barat sampai Tambun, dan arah sebaliknya selama kegiatan berlangsung,” tandas Iwan.

(erh)