Perangkat Apa Yang Cocok Agar Sinyal Wi-Fi Lancar ?
Monday, 02 July 2018
Perangkat Apa Yang Cocok Agar Sinyal Wi-Fi Lancar ?

Jakarta Seringkali pekerjaan juga tugas-tugas sekolah menjadi lama selesai hanya karena spesifikasi router yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi rumah kita. Hal ini yang seringkali tidak dipahami oleh para pengguna internet yang akhirnya hanya buang-buang dana untuk ganti perangkat router di rumah. Maka sebaiknya bertanya atau mencari informasi berupa artikel yang membahas tentang spesifikasi router adalah hal yang penting.

Sebagai contoh, halaman rumah yang luas juga di sekat oleh dinding tebal dari beton akan mempengaruhi penyebaran sinyal Wi-Fi di dalam rumah dan penyebabnya adalah sinyal tersebar tidak merata, internet menjadi lambat atau putus-putus.

Salah satu contoh router yang bisa mengatasi sinyal drop dan mengatasi area dead zone (area yang tidak mendapat sinyal Wi-Fi) adalah seri Deco M5 dari TP-Link. Deco M5 ini sedikit berbeda dengan router lainnya karena Deco M5 terdiri dari tiga buah device dalam satu paket dan nantinya akan saling terkoneksi satu sama lainnya.

Deco M5 di desain dengan model berbeda dan lebih halus, Ia tidak memiliki Antena sehingga Nampak lebih cocok jika pengguna ingin meletakannya di lemari atau laci hias. Tetapi pengguna tidak perlu khawatir sinyal akan terhambat hanya karena Deco M5 tidak dibekali Antena. Perangkat ini sebenarnya telah dibekali 4 buah Antena di dalamnya dengan Port Gigabit dan Port USB tipe C yang juga berfungsi sebagai port power supply.

Keunggulan seri Deco M5 ini adalah mengusung teknologi MU-MIMO data streaming sehingga akses internet, streaming Youtube juga games akan berjalan lancer. Router berbentuk seperti cakra mini ini bisa menghasilkan kecepatan hingga 400Mbps di jaringan 2.4 GHz dan 867 mbps di jaringan 5GHz pada saluran Dual Band. Agar tak penasaran dengan keunggulan yang dimiliki Deco M5 ini, kami juga mencoba menghubungkan beberapa gadget dan laptop ke Deco M5. Dan hasilnya sinyal Wi-Fi tetap bisa digunakan dengan lancar, tidak terputus-putus.

Deco M5 ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Parental Control sebuah sistem yang bisa mengontrol akses internet berbahaya bagi anak-anak. Pentingnya Parental Control di masa sekarang ini mengingat akses situs dan konten internet berbahaya yang terkadang lepas dari perhatian para orang tua yang sibuk berkegiatan. Parental Control ini bisa dikendalikan melalui aplikasi Deco secara gratis melalui iOS atau Android.

Fungsi lain dari aplikasi Deco adalah bisa mengawasi penggunaan internet untuk mengukur penggunaan, kecepatan internet, perangkat yang terhubung, dan laporan jika terdapat potensi serangan berbahaya yang akan diblokir oleh router TrendMicro bertenaga antivirus. Hal ini dapat dikontrol dari jarak jauh melalui bahkan ketika kita sedang tidak di rumah.

Bagi penggunanya router ini dirangcang untuk mudah digunakan, langkah pertama adalah dengan menghubungkan salah satu dari tiga unit perangkat Deco M5 ke sumber Internet seperti modem broadband untuk bekerja sebagai unit router.

Kemudian untuk mencobanya kita bisa meletakan unit Deco lainnya sekitar 40 kaki yang akan berperan sebagai satelit. Hubungkan satu sama lain dan ketiga perangkat ini akan menciptakan jaringan Wi-Fi yang berjalan mulus.

Deco M5 sudah tersedia di beberapa platform belanja online dan juga distributor resmi TP-Link. Perangkat ini dibanderol dengan kisaran harga Rp. 4.300.000,.