Tol Cipali Mulai Padat, Ribuan Kendaraan Terjebak Antrea
Sunday, 10 June 2018
Tol Cipali Mulai Padat, Ribuan Kendaraan Terjebak Antrea

CIREBON - Puncak arus mudik lebaran 2018 terjadi di ruas Tol Cipali, Cikedung, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu siang (10/8/2018). Dimana ribuan kendaraan pemudik terjebak antrean beberapa kilometer akibat membludaknya volume kendaraan dari arah Jakarta tujuan Jawa. 

Peningkatan jumlah kendaraan yang terjadi pada lima hari jelang lebaran ini mengkibatkan sejumlah titik di ruas Tol Cipali mengalami kemacetan. Simpul kemacetan terjadi di sekitar pintu masuk rest area dan gerbang tol.

Berdasarkan pantauan drone kendaraan pemudik yang melintas di Ruas Tol Cikopo Palimanan tepatnya di Km 123 hingga 142 dari arah Jakarta menuju Jawa terpantau padat merayap. Beberapa titik kemacetan berada di sekitar pintu masuk menuju rest area. 

Banyaknya pemudik yang hendak memanfaatkan rest area di wilayah Cipali Cikedung Indramayu untuk melepas lelah membuat antrean kendaraan di sekitar lokasi tersebut tak terhindarkan.

Untuk mengurai kemacetan petugas Satlantas Polres Indramayu dikerahkan di sejumlah titik rawan macet. Polisi disebar di sepanjang jalur tol untuk mendorong arus kendaraan pemudik yang mulai berjalan melambat. 

Pihak kepolisian terus bekerja sama dengan operator jalan tol untuk mengurai kemacetan salah satunya dengan memperbanyak jumlah loket pembayaran di gerbang Tol Palimanan Cirebon.  

PT Lintas Marga Sedaya telah menambahkan 14 gardu Tol Palimanan Utama. Sehingga  total gardu tol yang dioperasikan dalam arus mudik tahun ini di gerbang Palimanan adalah 26 loket.

Diprediksi kepadatan arus mudik lebaran 2018 di Ruas Tol Cipali akan terus terjadi disepanjang hari ini. sejumlah pihak memprediksikan hari minggu ini merupakan puncak arus mudik lebaran.

Source : SindoNews