Jurassic World: Fallen Kingdom
Monday, 18 June 2018
Jurassic World: Fallen Kingdom

Genre: Action, sci-fi

Sutradara: J. A. Bayona (The Impossible, The Orphanage)

Pemain: Chris Pratt (Avengers: Infinity War, Guardians of Galaxy), Bryce Dallas Howard (Gold, Pete's Dragon)

Durasi: 2 jam 8 menit

Distributor: United International Pictures Indonesia 

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 6 Juni 218

 


Tiga tahun yang lalu, taman dinosaurus Jurassic World porak poranda akibat hewan-hewannya ke luar kandang. Pulau Isla Nublar ditinggal begitu saja, dihuni hanya oleh dinosaurus. Sudah jatuh, tertimpa tangga. Kawanan dinosaurus yang tak terurus lagi, menghadapi ancaman alamiah.

Kini, gunung berapi di Isla Nublar meletus. Menjelang puncak erupsi, publik terbelah. Ada yang berupaya menyelamatkan binatang-binatang purba. Tetapi masyarakat lain menghendaki, dinosaurus dibiarkan di pulau terpencil itu, sehingga bisa kembali punah, seperti jutaan tahun lalu. Dengan begitu, manusia diyakini hidup lebih damai tanpa kehadiran dinosaurus.

Tokoh utama "Jurassic World" (2015) Claire Dearing, mantan manajer di Jurassic World, telah menjadi aktivis pembela hak dinosaurus. Claire bertekad menyelamatkan para makhluk purba tersebut. Dia didukung ilmuwan sekaligus pengusaha Benjamin Lockwood, yang pernah berpartner dengan Dr. John Hammond, pencetus Jurassic Park. 

Syaratnya, Claire harus mengajak pawang dinosaurus Owen Grady, agar bisa bersama-sama memindahkan beberapa spesies untuk dipindahkan ke tempat suaka. 

Meski awalnya tak mudah, Owen teringat dengan dinosaurus kesayangannya, Indominus rex hasil rekayasa genetik, bernama Blue. Memori itu membawa Owen, Claire, beserta tim kembali ke Isla Nublar. 

Dikejar waktu karena letusan gunung memasuki tahap puncak, dibayangi juga dengan dinosaurus yang berkeliaran di hutan rimba, tim tersebut menjalankan ekspedisi berbahaya. 

Mereka dibantu kelompok bersenjata yang dibiayai Lockwood, berhasil mendeteksi keberadaan Blue. Namun, keadaan tak seperti yang direncanakan. 

Niat jahat tercium untuk mengeksploitasi dinosaurus, bukan semata menyelamatkan satwa, tetapi demi keuntungan finansial yang lebih besar. 

Mencoba mencari tahu ada apa di balik rencana pemindahan dinosaurus, Claire dan Owen berusaha menyelamatkan diri, melawan dinosaurus di berbagai tempat: di padang hijau, di tengah hujan lava, di dalam air, sampai di rumah mewah milik Lockwood. 

Dengan adegan-adegan yang lebih emosional dan pesan-pesan tentang relasi manusia dengan binatang, serta narasi tentang pemanfaatan ilmu khususnya rekayasa genetika, "Jurassic World: Fallen Kingdom" tetap menghadirkan ketegangan yang asyik diikuti.

Penonton nasional pun jangan sampai ketinggalan dengan kejutan di tengah film, dengan disebutnya 'pembeli dari Indonesia' dan nama jenis raptor baru, Indoraptor.

Eksekutif produser Steven Spielberg menyebut pentingnya kehadiran monster terbaru tersebut. "Indoraptor adalah dinosaurus, tetapi juga monster. Itulah yang membuat Fallen Kingdom menjadi film gabungan pertama antara film dinosaurus dan film monster."

Menampilkan pola kengerian dikejar-kejar dinosaurus, serupa dengan rangkaian Jurassic Park sebelumnya, namun lebih gelap dengan kesan seperti film horor yang seru; Selamat datang di Jurassic World: Fallen Kingdom.

 

(MAR)