Kadin: Asian Games 2018 Ciptakan Lapangan Kerja Baru
Wednesday, 30 May 2018
Kadin: Asian Games 2018 Ciptakan Lapangan Kerja Baru

JAKARTA - Penyelenggaraan Asian Games 2018 diyakini bisa mendongkrak perekonomian Indonesia. Sebab, tak hanya penguasaha besar yang mendapatkan keuntungan, melainkan juga penguasaha kecil hingga masyarakat juga bisa terkena dampak langsung dari even olahraga terbesar di Asia ini.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Roeslani mengatakan, berdasarkan hasil perhitungan Bappenas dampak ekonomi langsung penyelenggaraan Asian Games 2018 diperkirakan mencapai Rp45,1 triliun. Hitungan tersebut dimulai sejak 2015 hingga 2018 baik dari sisi pengeluaran pengunjung, investasi infrastruktur pendukung, dan operasionalisasi acara.

Sementara itu, terkait dengan dampak ekonomi, saat ini Bappenas masih menghitung dampak tidak langsung dari perhelatan multi event terbesar kedua setelah olimpiade ini. Sebab, mengenai dampak tidak langsungnya ini perlu perhitungan yang detail agar bisa tepat pasti angkanya.

"Berdasarkan Bappenas Rp45 triliun dampak keuangan yang terjadi. Walaupun dampak ini hanya di Jakarta dan Palembang tapi dampaknya terjadi di seluruh daerah karena banyak merchandise-merchandise yang datang dari UMKM yang ada di daerah-daerah," ujarnya saat ditemui di Komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

 

Rosan menambahkan, dampak bagi masyarakat juga akan terasa secara langsung. Karena tentunya akan ada lapangan pekerjaan baru pasalnya banyak perusahaan yang akan meningkatkan produksinya.

"Yang paling penting, satu banyak tercipta lapangan pekerjaan baru, karena perusahaan-perusahaan ini akan meningkat produksi sehingga banyak menyerap tenaga kerja. Saya yakini semua akan berjalan lancar," jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir mengatakan, penyelenggara Asian Games 2018 akan memberikan legacy dan membawa dampak positif yang besar bagi Indonesia baik dari sisi dampak ekonomi, dampak sosial dan juga alih pengetahuan dari negara maju di Asia bahkan dunia.

 Renovasi Stadion Wibawa Mukti Terus Dikebut Jelang Asian Games 2018

Berdasarkan perhitungan sementara Bappenas untuk dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di lndonesia untuk Asian Games 2018 sebesar Rp3,6 triliun.

Dengan komposisi 88% pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67% pengeluaran oleh atlet, 3,96% pengeluaran awak media, 2,34 % pengeluaran omicals, dan 0,77% pengeluaran sukarelawan. Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai Rp1,3 triliun.

"Asian Games 2018 bukanlah hanya ajang untuk adu prestasi melainkan juga sebagai ajang untuk menciptakan perdamaian di Asia dan khususnya lndonesia," jelasnya.

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari Asian Games 2018. Event yang berlangsung 18 Agustus 2018 akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

 

(dni)