Umbul Manigom, Kolam Biru 'Surga' di Kabupaten Simalungun
Wednesday, 16 May 2018
Umbul Manigom, Kolam Biru 'Surga' di Kabupaten Simalungun

AIR biru nan jernih tidak hanya bisa Anda temukan di laut atau samudera saja. Sebab, ada sebuah kolam yang berada cukup jauh dari pusat Kabupaten Simalungun yang juga memiliki penampakan seperti air laut, yaitu berwarna biru jernih dan bersih tanpa limbah.

Namanya Aek Manigom atau disebut juga dengan Umbul Manigom ini mulanya jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang membutuhkan waktu tempuh cukup lama, sekira 5 jam dari Medan. Namun, jika mata sudah memandang rupanya, kaki sudah menyentuh airnya, dapat dipastikan hati pun luluh, rasa lelah hilang, dan tersisa hasrat untuk segera berendam dan berenang.

Jelas saja, karena airnya jernih dan berasal dari tiga sumber mata air sekaligus. Selain itu, airnya yang bersih juga dipastikan tidak tercemar limbah, sebab ketika air menjamah tubuh segarnya sulit diungkapkan dengan kata-kata dan Anda hanya ingin berendam atau berenang tanpa kenal waktu.

Kejernihan kolam dari Aek Manigom membuat dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Dan, karena inilah akhirnya membuat kunjungan wisatawan semakin meningkat. Foto-foto yang dibagikan lewat media sosial, seperti Instagram yang paling memengaruhi kunjungan wisatawan, karena pada foto yang dibagikan, Aek Manigom begitu ideal jadi lokasi liburan.

Aek Manigom yang tercipta dengan alami ini merupakan objek wisata alami yang berada di Nagori Tiga Dolok, Kecamatan Dolok Pangaribuan. Meskipun dasar kolamnya nampak jelas dan bersih, tapi para pengunjung Aek Manigom tetap mesti berhati-hati, karena kedalaman kolamnya berbeda-beda.

Nah, agar aman dan bisa tetap bersuka cita saat mengunjungi Aek Manigom, pengelola telah membagi kolam menjadi dua bagian. Satu kolam pemandian khusus dewasa dan satu lagi untuk anak-anak, biasanya Aek Manigom akan lebih ramai oleh kunjungan wisatawan setiap akhir pekan atau musim liburan.

Rimbunnya pepohonan mampu menyulap panas terik matahari di siang hari menjadi waktu yang tepat untuk bermain air di Aek Manigom. Segarnya air kolam pada siang hari terasa lebih berkesan dibanding pada waktu-waktu lainnya.

(ren) / Okezone