Menhub Nilai Penerapan Uji Coba Ganjil-Genap di Tol Jagorawi Urai Kemacetan
Monday, 16 April 2018
Menhub Nilai Penerapan Uji Coba Ganjil-Genap di Tol Jagorawi Urai Kemacetan

JAKARTA - Pemerintah telah menerapkan uji coba sistem ganjil genap di ruas tol Tangerang-Jakarta dan Tol Jagorawi, Senin (16/4/2018) mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Menteri Perhubungan (Wenhub) Budi Karya Sumadi menilai, penerapan sistem ganjil-genap di ruas tol tersebut dinilai baik untuk mengurai kemacetan di lokasi. Menurut dia, penerapan sistem ganjil-genap di dua jalan tol tersebut berpotesi akan berlanjut ke tol lainnya.

"Saya nilai dari potensi Tangerang ini kemungkinan potensinya lebih bagus. Indikasinya apa? Indikasinya belum ada program itu orang naik bus eksekutif itu banyak sekali memang. Jadi artinya kalau saya kasih jalur khusus di situ akan produktif, akan banyak," kata Budi Karya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Ia menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan sebanyak 17 bus untuk mengangkut para pengguna mobil pribadi agar dapat berpindah dengan menggunakan moda transportasi saat akan beraktivitas ke Ibu Kota.

Mantan Dirut Angkasa Pura II itu melanjutkan, pihaknya juga akan melakukan evaluasi penerapan uji coba sistem ganjil-genap ini setiap dua pekan.

"Jadi bisa nambah, bisa kurang. Tapi kecenderungannya nambah. Tambah armada (bus gratis)," jelasnya.

Budi Karya menjelaskan, pemerintah akan terus melakukan sosialisasi penerapan uji coba sistem-ganjil genap ini. Adapun pemberlakukan aturan tersebut dijadwalkan pada dua, hingga tiga pekan yang akan datang.

"Jadikan sekarang ini sosialisasi orang mulai naik. Kita baru akan berlakukan dua atau tiga Minggu yang akan datang," tandasnya.

(muf)