Cigna Mengakuisisi Express Scripts
Thursday, 15 March 2018
Cigna Mengakuisisi Express Scripts

Bloomfield, Conn. & ST. LOUIS, 8 Maret 2018 - Cigna Corporation (NYSE: CI) dan Express Scripts Holding Company (NASDAQ: ESRX) hari ini mengumumkan bahwa mereka sudah menyepakati perjanjian definitif yang berisi bahwa Cigna akan mengakuisisi Express Scripts melalui transaksi uang tunai dan saham bernilai sekitar US$67 miliar, yang mencakup pengambilalihan utang Express Scripts oleh Cigna sekitar US$15 miliar. Imbalan merger terdiri atas US$48,75 uang tunai dan 0,2434 saham perusahaan gabungan per saham Express Scripts. Transaksi ini disetujui oleh direksi masing-masing perusahaan.

“Akuisisi Cigna terhadap Express Scripts menyatukan dua perusahaan jasa yang saling melengkapi dan berorientasi kepada nasabah, serta memiliki posisi yang sangat baik untuk mendorong kualitas dan keterjangkauan yang lebih besar bagi nasabah. Kombinasi ini semakin mengakselerasi misi perusahaan Cigna dalam meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan rasa aman orang-orang yang kami layani, dan pada gilirannya, memperluas cakupan jasa bagi para nasabah, mitra, klien, asuransi kesehatan, dan komunitas kami. Bersama-sama, kami akan menciptakan sebuah portofolio pelayanan kesehatan yang diperluas, yang menyediakan pilihan yang lebih banyak bagi konsumen, penyelarasan yang lebih erat antara nasabah dan penyelenggara perawatan kesehatan, dan nilai yang lebih disesuaikan kepada kebutuhan. Kombinasi ini akan menciptakan manfaat besar bagi masyarakat dan nilai bagi para pemegang saham,” ujar David M. Cordani, Presiden dan Kepala Pejabat Eksekutif (CEO) Cigna, Kamis (8/3/2018). 

Sementara, Presiden dan CEO Express Scripts Tim Wentworth berujar, “Pertama dan terutama, kami percaya bahwa transaksi ini memberikan nilai yang menarik kepada para pemegang saham Express Scripts. Bersama-sama, kedua perusahaan kami akan membantu nasabah dalam membuat keputusan terbaik dan termudah bagi kesehatan mereka, dengan menempatkan pelayanan kesehatan dan farmasi dalam jangkauan setiap orang yang kami layani. Dengan kapabilitas perusahaan kami di bidang manajemen manfaat farmasi dan medis, solusi klinis yang digerakkan oleh teknologi, dan model perawatan pasien yang terpilih, hingga rekam jejak Cigna dalam menyediakan nilai melalui inovasi; kami memiliki posisi yang sangat baik untuk mengubah perawatan kesehatan. Di Express Scripts dan eviCore, kami memiliki fokus yang jelas dalam berkolaborasi dengan asuransi kesehatan, dan bersama-sama, membangun solusi yang disesuaikan bagi asuransi kesehatan dan para nasabah mereka. Yang penting, perjanjian ini adalah sebuah kesaksian bagi kerja tim kami dan fokus mereka yang gigih pada upaya menyediakan perawatan terbaik untuk pasien, dan manfaat terbesar untuk para klien.”

Manfaat Strategis yang Menarik
Pilihan Konsumen yang Semakin Luas. Menawarkan satu rangkaian penuh pelayanan medis yang sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan nasabah, farmasi khusus, dan interaksi kesehatan lainnya yang mudah diakses lewat beraneka ragam saluran distribusi retail dan online, menyediakan beragam pilihan untuk semua nasabah. Ini akan memungkinkan perusahaan-perusahaan kami untuk memberikan pelayanan yang unggul, sehingga menjawab sepenuhnya kebutuhan dinamis para nasabah dan klien kami, yang akan mendorong tumbuhnya nilai jangka panjang bagi para pemegang saham.

Penyelarasan Kebutuhan Pasien & Kemampuan Penyelenggara Perawatan Kesehatan. Menggunakan jaringan kemitraan sistem pengiriman yang luas dan terbukti untuk menggerakkan peran perusahaan gabungan kami sebagai jaringan penghubung antara masyarakat dan penyelenggara perawatan kesehatan, memungkinkan kami menyediakan pendekatan yang lebih terkoordinir terhadap perjalanan perawatan kesehatan nasabah dank lien kami, mengurangi kompleksitas, dan menciptakan hasil yang lebih baik.

Nilai yang Disesuaikan pada Kebutuhan. Membuat perawatan kesehatan lebih sederhana bagi konsumen dengan menyediakan masukan yang mungkin dilakukan dan analitika prediktif, memaksimalkan perawatan yang terbukti ampuh, dan menyediakan inovasi dan teknologi medis terdepan di industri untuk mendukung keputusan perawatan.

Ketentuan Perjanjian
Menurut ketentuan perjanjian yang definitif, imbalan transaksi akan terdiri atas US$48,75 uang tunai dan 0,2434 saham perusahaan gabungan per saham Express Scripts, atau US$54 miliar secara agregat. Pada penutupan transaksi, pemegang saham Cigna akan memiliki sekitar 64% perusahaan gabungan dan pemegang saham Express Scripts akan memiliki sekitar 36%. Imbalan ini mewakili sekitar 31% premium untuk harga penutupan Express Scripts sebesar US$73,42 pada tanggal 7 Maret 2018.

Pada penutupan, perusahaan gabungan akan dipimpin oleh David M. Cordani sebagai Presiden dan CEO. Tim Wentworth akan mengemban peran Presiden dari Express Scripts. Direksi perusahaan gabungan akan diperluas menjadi 13 direktur, yang mencakup empat anggota independen dari direksi Express Scripts.

Perusahaan gabungan akan bernama Cigna. Kantor pusat Cigna di Bloomfield, Connecticut, akan menjadi kantor pusat bagi perusahaan gabungan, dan Express Scripts akan berkantor pusat di St. Louis, Missouri. Pada penutupan, perusahaan gabungan akan membuat investasi berangsur senilai US$200 juta di yayasan amalnya untuk mendukung komunitas-komunitas di tempatnya beroperasi, dan dengan fokus berlanjut pada upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pendanaan, Penutupan, dan Persetujuan
Cigna berniat untuk mendanai porsi uang tunai dari imbalan transaksi dengan campuran uang tunai di tangan, utang Express Scripts yang diambil alih, dan penerbitan utang baru, dan Cigna telah memperoleh pembiayaan utang berkomitmen penuh dari Morgan Stanley Senior Funding, Inc. dan The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Ltd. Transaksi ini tidak bergantung pada suatu syarat pembiayaan. Pada penyelesaian transaksi, Cigna diperkirakan akan memiliki utang sekitar US$41,1 miliar. Cigna memperkirakan akan memiliki rasio utang terhadap kapitalisasi sekitar 49% selepas akuisisi ini, dan menyasar rasio di kisaran 30-an dalam 18 hingga 24 bulan setelah menutup transaksi. Cigna memperkirakan akan mempertahankan peringkat layak investasinya.
Transaksi ini, yang diperkirakan akan tuntas selambatnya 31 Desember 2018, bergantung pada persetujuan para pemegang saham Cigna dan Express Scripts serta dipenuhinya syarat-syarat penutupan yang lazim, yang mencakup persetujuan regulatif yang berlaku. Hingga penutupan, Cigna dan Express Scripts akan terus beroperasi sebagai dua perusahaan independen.

Penasihat
Morgan Stanley & Co. LLC bertindak sebagai penasihat keuangan tunggal dan menyediakan opini kewajaran kepada Direksi Cigna. Wachtell, Lipton, Rosen & Katz berperan sebagai penasihat hukum, sementara Paul, Weiss, Rifkind, Wharton & Garrison LLP berperan sebagai penasihat regulatif bagi Cigna. Centerview Partners LLC dan Lazard Frères & Co. LLC bertindak sebagai penasihat-penasihat keuangan, Skadden, Arps, Slate, Meagher & Flom LLP berperan sebagai penasihat hukum, dan Holland & Knight LLP berperan sebagai penasihat regulatif bagi Express Scripts.

Untuk Informasi Lebih Lanjut
Informasi mengenai transaksi ini juga bisa ditemukan di situs web transaksi.

Tentang Cigna
Cigna Corporation (NYSE: CI) adalah sebuah perusahaan pelayanan kesehatan global yang didedikasikan untuk membantu masyarakat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan, dan rasa aman mereka. Semua produk dan jasa disediakan secara eksklusif dengan atau melalui anak perusahaan operasional Cigna Corporation, yang mencakup Connecticut General Life Insurance Company, Cigna Health and Life Insurance Company, Life Insurance Company of North America, dan Cigna Life Insurance Company of New York. Semua produk dan jasa tersebut mencakup rangkaian terpadu pelayanan kesehatan, seperti manfaat-manfaat medis, gigi, kesehatan perilaku, farmasi, mata, tambahan, dan produk yang terkait lainnya yang mencakup asuransi jiwa, kecelakaan, dan kecacatan kumpulan. Cigna mempertahankan kemampuan penjualan di 30 negara dan yurisdiksi, dan memiliki lebih dari 95 juta hubungan nasabah di seluruh dunia. Untuk mengkaji Cigna® lebih jauh, yang mencakup tautan-tautan untuk mengikuti kami di Facebook atau Twitter, kunjungi www.cigna.com.

Tentang Express Scripts
Express Scripts menempatkan obat-obatan dalam jangkauan puluhan juta orang dengan cara menyelaraskan diri dengan sponsor asuransi, mengambil tindakan berani, dan menyediakan perawatan berpusat pasien demi membuat kesehatan yang lebih baik menjadi lebih terjangkau dan mudah diakses.
Berkantor pusat di St. Louis, Express Scripts menyediakan jasa manajemen manfaat farmasi terpadu, yang mencakup pemprosesan klaim farmasi jaringan, perawatan farmasi pengantaran ke rumah, perawatan farmasi khusus, manajemen manfaat khusus, konsultasi desain manfaat, peninjauan penggunaan obat, manajemen formularium, serta jasa analisis data medis dan obat lainnya. Express Scripts juga menyalurkan satu kisaran penuh produk biofarmasi dan menyediakan jasa manajemen biaya dan perawatan pasien yang ekstensif.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Lab.Express-Scripts.com atau ikuti @ExpressScripts di Twitter.

(*)