PMI Ajak Berbagai Pihak Untuk Siap Siaga Banjir
Wednesday, 07 March 2018
PMI Ajak Berbagai Pihak Untuk  Siap Siaga Banjir

JAKARTA - Untuk mendukung pemerintah dalam kesiapsiagaan bencana, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Zurich Insurance dan IFRC menggelar  Seminar dan  Lokakarya  Nasional dengan tajuk "Membangun Masyarakat Tangguh Bencana secara Inklusif dan Berkelanjutan".  Acara dibuka oleh Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pada Rabu (07/03) di Jakarta.

Seminar dan lokakarya nasional dihadiri oleh perwakilan pemerintah, yaitu Kementerian Dalam Negeri,  Kementerian Desa, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), serta perwakilan PMI dari 34 Provinsi,  Relawan Siaga Berbasis Masyarakat (SIBAT), dan sejumlah organisasi yang bergerak di bidang kesiapsiagaan bencana.

Menurut Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat H. Sumarsono, acara ini dimaksudkan untuk mengajak seluruh sektor untuk bekerjasama dan berbagi pengalaman tentang kegiatan kesiapsiagaan banjir.

"Masalah banjir merupakan masalah bersama. Penanganan banjir membutuhkan kerjasama dan koordinasi lintas sektoral. Semua pihak bisa berperan dan terlibat aktif. Baik swasta, masyarakat, media maupun pemerintah," jelas Sumarsono.

Lebih lanjut Sumarsono mengatakan, "Kemitraan yang terjalin ini tentu akan memudahkan pemerintah dalam mengatasi permasalahan banjir selama ini. Phak lain seperti swasta, media, dan masyarakat yang terdampak bisa berperan aktif untuk bisa mengakses informasi, melakukan mitigasi atau aksi terkait untuk mengatasi banji," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI  Pusat, Arifin M. Hadi menjelaskan seminar dan lokakarya ini menjadi sarana untuk berbagi dan memberikan solusi untuk menangani banjir bersama. 

"Di seminar ini akan ada paparan pengalaman dan cerita sukses dalam menghadapi persoalan banjir. Bagaimana keterlibatan lintas sektoral menjadi salah satu keberhasilan dan menjadi kekuatan bersama menanggulangi banjir," kata Arifin.

Selanjutnya diharapkan akan muncul inovasi dan masukan untuk melengkapi kegiatan-kegiatan penanganan banjir yang telah dilakukan sehingga akan membuat masyarakat menjadi lebih tangguh bencana banjir.

 

Untuk informasi Lebih lanjut dapat menghubungi :

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana, Markas Pusat PMI, Arifin M. Hadi, HP. 081297777755,

Kontak Media, Anggun Permana, HP. 085697777313