5 Pemain Liverpool yang Berkembang di Bawah Arahan Klopp
Wednesday, 03 January 2018
5 Pemain Liverpool yang Berkembang di Bawah Arahan Klopp
Klopp buat pemain Liverpool tampil percaya diri. (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Ramdani Bur, Jurnalis 

https://bola.okezone.com/read/2018/01/03/45/1839374/5-pemain-liverpool-yang-berkembang-di-bawah-arahan-klopp-nomor-2-paling-tajam?page=5

Berikut 5 pemain Liverpool yang berkembang di bawah arahan Klopp, mengutip dari Sportskeeda:

5. Trent Alexander-Arnold

(Foto: REUTERS/Jason Cairnduff)

Alexander-Arnold naik ke tim utama Liverpool pada musim 2016-2017. Namun, baru di musim ini, pesepakbola berusia 19 tahun itu dapat menit tampil yang lumayan. Musim ini, Alexander-Arnold telah mencatatkan delapan penampilan di Liga Inggris 2017-2018 dan semuanya dilalui sebagai starter. Ia mencatatkan rata-rata lima aksi bertahan di setiap pertandingan.

Tidak sampai di situ, Alexander-Arnold juga dapat diandalkan untuk membantu serangan. Mantan pemain Liverpool U-18 itu sudah mengoleksi satu gol. Gol itu tercipta saat Liverpool mengalahkan Swansea City 5-0 di laga Boxing Day yang berlangsung pada Selasa 26 Desember 2017.

4. Joe Gomez

(Foto: REUTERS/Phil Noble)

Merupakan pesaing utama Alexander-Arnold dalam mengawal sisi kanan pertahanan Liverpool. Namun, Gomez bisa dibilang lebih komplet ketimbang Arnold. Sebab, Gomez dapat juga berperan sebagai fullback kiri dan juga bek tengah.

Bersama Liverpool musim ini khususnya di Liga Inggris, Gomez telah mencatatkan 17 penampilan dengan koleksi dua assist. Sementara di aspek bertahan, pesepakbola berusia 20 tahun itu mencatatkan rata-rata empat aksi bertahan di setiap pertandingan.

3. Philippe Coutinho

(Foto: REUTERS/Carl Recine)

Sejak bursa transfer musim panas 2017, Coutinho diisukan akan meninggalkan Liverpool. Bahkan di awal musim, gelandang berusia 25 tahun itu sempat diparkir karena minta dijual ke Barcelona. Namun, semenjak bursa transfer musim panas 2017 ditutup, fokus Coutinho sepenuhnya diberikan untuk Liverpool.

Hasilnya luar biasa. Dari 20 pertandingan di semua ajang musim ini, gelandang berpaspor Brasil itu telah mengemas 12 gol dan sembilan assist. Namun sayang, dalam waktu dekat Coutinho akan merealisasikan mimpinya, yakni membela Barcelona.

2. Mohamed Salah

(Foto: REUTERS/Paul Childs)

Salah didatangkan dengan harga mahal yakni 42 juta euro atau sekira Rp682 miliar. Namun, tak ada menyangka, harga tinggi tersebut langsung dibayar tuntas Salah di paruh musim pertama membela Liverpool.

Dari 29 pertandingan yang sudah dimainkan, Salah mengemas 23 gol dan delapan assist. Sebanyak 17 di antaranya tercipta di Liga Inggris dan itu untuk sementara membuat Salah berstatus sebagai runner-up top skor di bawah Harry Kane (Tottenham Hotspur).

1. Roberto Firmino

(Foto: REUTERS/Phil Noble)

Firmino menemukan ketajamannya bersama Liverpool musim ini. Dari 29 pertandingan di semua ajang, penyerang berpaspor Brasil itu mengemas 16 gol. Sekadar diketahui, itu merupakan start terbaik Firmino semenjak gabung Liverpool pada musim panas 2015.

Penampilan konsisten itu membuat Firmino sulit tergeser dari susunan starting XI Liverpool racikan Klopp. Alhasil, dua penyerang tengah Liverpool lainnya yakni Daniel Sturridge dan Dominic Solanke harus rela lebih banyak duduk di bangku cadangan.

(*)