Festival Cerita Jakarta 2017
Wednesday, 06 December 2017
Festival Cerita Jakarta 2017

Rumah Cerita,  mempersembahkan Festival Cerita Jakarta (FCJ) yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 dan 17 Desember 2017 di Gedung Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Bertujuan untuk meningkatkan ketertarikan publik akan kegiatan literasi seperti membaca, menulis, dan apresiasi karya literatur, FCJ menghadirkan sejumlah rangkaian lokakarya (fiksi, non-fiksi, dan seni kerajinan tangan), diskusi panel, serta sesi berbagi informasi.

Beberapa program yang akan diselenggarakan dalam festival ini diantaranya adalah Surat Mimpiku yang akan mengingatkan kembali pembaca akan keindahan berbagi cerita lewat surat kertas yang ditulis tangan. Lalu ada pula Rasakan Musik di mana peserta akan belajar belajar bagaimana musik instrumental tanpa kalimat pada akhirnya dapat menjadi inspirasi bagi untuk menemukan dan memadumadankan kata-kata sehingga terciptalah suatu puisi atau prosa. Para jurnalis masa depan juga bisa merasakan serunya menjadi wartawan sehari lewat program Laboratorium Cerita, program spesial selama 2 hari, yang disiapkan khusus oleh tim Festival Cerita Jakarta untuk dapat memfasilitasi benih-benih baru di dunia jurnalistik.

Keseruan masih akan terus berlanjut dengan beragam aktivitas menarik lainnya seperti Cerita Daur Ulang, Lomba Mewarnai, Dongeng di Atas Awan, dan lain sebagainya. Festival Cerita Jakarta juga akan menghadirkan penampilan musik serta pembicara utama yang akan meramaikan acara ini.

Registrasi telah dibuka dan bisa diakses lewat situs resmi www.festivalceritajakarta.com.

Kegiatan ini di dukung oleh Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (Skema Dana Hibah Alumni) yang diadministrasikan oleh Australia Awards in Indonesia.

Rumah Cerita

Rumah Cerita adalah sebuah komunitas pelatihan menulis untuk anak dan remaja yang didirikan pada tahun 2014. Kami mengadakan lokakarya menulis keratif untuk fiksi, non-fiksi, dan seni kerajinan tangan untuk anak (6-18 tahun). Rumah Cerita terinspirasi dari Sydney Story Factory, sebuah pusat penulisan kreatif untuk anak di Redfern, New South Wales, Australia.

Rumah Cerita telah menjalankan berbagai lokakarya dan inisiatif program termasuk Rumah Cerita Goes to Japan, mengkoordinir program anak dalam ASEAN Literary Festival, Jambore Nasional Sastra, dan menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Inilah Bandung".

Tahun ini, Rumah Cerita telah menyelenggarakan berbagai lokakarya yang dinamakan "Connecting Jakarta". Bermitra dengan sekolah dan komunitas, program ini bertujuan untuk menghubungkan anak dan remaja di seluruh Jakarta melalui cerita serta ide, dan "Festival Cerita Jakarta" kemudian dibuat untuk memfasilitasi anak-anak di seluruh Jakarta untuk dapat bertemu dan berkolaborasi dengan sesamanya, lintas sekolah dan komunitas di Jakarta.

Melalui semua program kami, Rumah Cerita ingin menyampaikan nilai-nilai inti kami kepada anak dan remaja di Indonesia, yakni:

  • Berpikir Kritis
  • Kepedulian Sosial
  • Empati
  • Kreativitas
  • Percaya Diri

(*)