Server Aman yang Didukung Oleh Kecerdasan Buatan
Saturday, 02 December 2017
Server Aman yang Didukung Oleh Kecerdasan Buatan

Jakarta - Dewaweb, Rabu (1/11), secara resmi mengumumkan adanya kerjasama dengan CloudLinux dengan berbagai fitur keamanan yang sudah dapat dioperasikan bagi klien sejak 31 Oktober 2017. Sebagai provider hosting, kerjasama ini penting untuk meningkatkan keamanan sibernetika klien. Dewaweb adalah platinum partner dari CloudLinux pertama di Indonesia yang menjadi distributor resmi Imunify360, KernelCare, dan CloudLinux OS.

Keamanan sibernetika tersebut menjadi isu penting yang tak bisa diabaikan di zaman serba digital kini, di mana semua data penting Anda berisiko diretas atau sistem Anda diinterupsi oleh pelaku kejahatan sibernetika. Pada pertengahan Mei lalu, serangan masif yang disebabkan oleh ransomware yang dikenal sebagai WannaCry membuat lebih dari 200,000 komputer terinfeksi di hampir 150 negara termasuk Indonesia. Berdasarkan berita yang dirilis CBS News, kerugian yang ditimbulkan akibat ransomware tersebut mencapai angka 4 milyar USD.

Microsoft, yang disebut-sebut turut bertanggungjawab atas serangan tersebut, melalui infografik “Asia Pacific Malware Threat Landscape 2017” menyatakan Indonesia dan Vietnam dibandingkan negara-negara di Asia Pasifik lainnya (Jepang, Hong Kong, Thailand, Filipina, Malaysia, Sri Lanka dan Singapura) tergolong paling rentan terhadap serangan sibernetika. Presiden Indonesia sendiri, Joko Widodo pada tanggal 1 Juni tahun ini telah mengeluarkan Perpres didirikannya badan sibernetika nasional di bawah Kemenkominfo. Sejalan dengan kebijakan pemerintah tersebut, Dewaweb meningkatkan kualitas layanannya lewat kerjasama dengan CloudLinux demi terciptanya keamanan sibernetika di Indonesia.

Imunify360 adalah sistem keamanan all-in-one otomatis dengan teknologi pembelajaran mesin yang canggih untuk memproses berbagai informasi yang dikumpulkan dari server di seluruh dunia agar sistem selalu diperbarui terkait dengan serangan dan ancaman baru. Enam lapisan Imunify360 mencakup self-learning firewall yang canggih, pemindaian malware, manajemen reputasi, dan fitur lanjutan lainnya untuk memberikan perlindungan total terhadap ancaman.

"Kami telah melihat peningkatan serangan yang ditargetkan ke banyak situs web dan aplikasi yang dihosting di server kami. Kami membutuhkan sistem keamanan yang lebih cerdas dan komprehensif untuk melindungi server pelanggan kami dan Imunify360 oleh CloudLinux adalah pilihan tepat. Imunify360 sangatlah mudah untuk digunakan, dikelola dan dipantau sehingga dapat menghemat banyak waktu,” kata Edy Budiman, CEO Dewaweb.

Sebuah lembaga riset dan konsultan marketing terkemuka di bidang IT, CyberEdge Group, menyatakan adanya peningkatan serangan sibernetika bagi website dan server sebesar 3% dari tahun 2016 sebesar 76% ke tahun 2017 sebesar 79%. Penelitian ini didapatkan dengan melakukan survey terhadap 1,100 praktisi IT terkualifikasi dari 19 industri besar yang mewakili di 15 negara. Adanya peningkatan ini menunjukkan semakin besarnya kebutuhan pengamanan sibernetika. Penyebab serangan biasanya dipengaruhi juga oleh 3 faktor utama yaitu rendahnya kesadaran pekerja akan pentingnya keamanan sibernetika, kekurangan personil yang terkualifikasi untuk itu, dan terlalu banyaknya data yang harus dianalisa. Faktor-faktor tersebut dapat diminimalisir dengan bantuan sistem keamanan otomatis yang kami tawarkan bagi klien kami.

"Risiko cyber sudah menjadi sangat umum akhir-akhir ini sehingga kebanyakan bisnis dapat diserang setiap saat. Namun, sebagian besar produk keamanan yang ada saat ini dirancang untuk perusahaan, bukan untuk server web. Produk ini bekerja dengan baik di lingkungan yang kompleks - semuanya komprehensif dan sulit dikelola. Imunify360 dirancang khusus untuk server web dan dapat meningkatkan perlindungan bagi klien Dewaweb dengan memastikan mereka terlindungi dari serangan berbahaya. Imunify360 akan memastikan klien memiliki pengalaman hosting yang sangat baik dengan Dewaweb,” tutur Igor Seletskiy, chief executive officer di CloudLinux.

"Kami merasa sangat senang dengan kerjasama ini karena kami dapat membantu Dewaweb melindungi bisnis dan server web di Indonesia, dan untuk menciptakan web experience yang lebih aman adalah tujuan kami. Kami menantikan hubungan jangka panjang antara perusahaan kami, " tambah Seletskiy.

Mengenai Dewaweb

Didirikan pada tahun 2014, Dewaweb adalah perusahaan penyedia jasa cloud hosting pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi terbaru, seperti: HP Blade System, SSD Raid 50, LiteSpeed ​​Enterprise, HTTP/2, OnApp, dan Time Machine Backup. Teknologi canggih tersebut memungkinkan Dewaweb untuk  memberikan 100% Uptime SLA. Dewaweb juga memberikan layanan terbaik dengan 90 hari garansi uang kembali dan 24/7 Ninja support. Selama 3 tahun ini Dewaweb telah berkembang pesat dan melayani lebih dari 20.000 klien di dalam dan di luar negeri. Dengan prioritas layanan yang berfokus pada keamanan, Dewaweb juga merupakan hosting provider pertama di Indonesia yang menerima sertifikat ISO 27001 for Standard Information Security Management.

Mengenai CloudLinux

CloudLinux adalah sebuah perusahaan developer yang mendukung provider hosting di seluruh dunia dengan misi menjadikan Linux aman, stabil, dan menguntungkan. CloudLinux menghasilkan lebih dari 100.000 instalasi produk dan melayani 4.000 klien termasuk Liquid Web, 1&1, dan Dell. Perusahaan ini mengkombinasikan pengetahuan teknis yang mumpuni dengan customer support yang ahli di bidangnya untuk menghasilkan layanan terbaik.

###