Siap Diresmikan Jokowi, Ini Dia Tol Medan-Binjai yang Pernah Bikin Menhub Puas
Thursday, 12 October 2017
Siap Diresmikan Jokowi, Ini Dia Tol Medan-Binjai yang Pernah Bikin Menhub Puas

JAKARTA - Dua ruas tol Trans Sumatra siap diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Jumat (13/10/2017), salah satunya tol Binjai-Medan seksi 2 dan 3 (Helvetia-Binjai) sepanjang 10,46 km.

Sebelum diresmikan pengoperasiannya, tol ini sempat dibuka pada Juni 2017 untuk mendukung arus lalu lintas mudik Lebaran 2017. Selain itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah menjajal tol Medan-Binjai pada Minggu, 24 September 2017.

Budi mengaku puas dan mengapresiasi pembangunan jalan tol karena bisa menjadi solusi kemacetan di jalan yang menghubungkan kedua daerah itu. "Dengan selesainya jalan tol maka Binjai dan Kota Medan akan semakin produktif," katanya menegaskan.

Dia mengatakan jalan tol juga akan meningkatkan pelayanan turis dan pendatang. Namun dia mengharapkan agar pembangunan jalan tol tetap memperhatikan kegiatan ekonomi dan wisata yang telah ada di sekitar jalan tol.

Dia mengatakan tempat istirahat (rest area) di jalan tol harus menyajikan produk lokal misalnya kalau daerah itu penghasil durian maka rest area harus menampung durian warga lokal.

"Kita tidak mau kota kehilangan identitas," katanya menegaskan.

(kmj) / (okezone.com)