PRESIDENT'S SPIRIT, Jokowi: Saya Maunya Berlari Cepat, Tapi Ada yang Bilang "Pak Itu Enggak Boleh"
Thursday, 12 October 2017
PRESIDENT'S SPIRIT, Jokowi: Saya Maunya Berlari Cepat, Tapi Ada yang Bilang

JAKARTA - Melalui akun resmi Facebooknya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui negara ini memiliki telalu banyak regulasi.

"Negara kita kebanyakan regulasi undang-undang, peraturan presiden, peraturan daerah, peraturan gubernur, dan lain-lain. Kita pernah hitung, ada 42.000 aturan," ujar Presiden Jokowi, Rabu 11 Oktober 2017.

Repotnya, sambung Presiden, aturan itu menjerat diri sendiri dan lebih berorientasi pada prosedur, bukan pada hasil. "Hal ini dapat menghambat munculnya inovasi baru," imbuh Jokowi.

Hal-hal seperti itu, dinilai Jokowi sebagai penghambat program-program yang sudah dirancang. "Saya maunya berlari cepat. Tapi ada yang bilang: “Pak, itu enggak boleh. Ada Perpres, ada UU,” Terus, larinya kapan?" terangnya.

Presiden pun menyindir ribuan aturan itu yang akan menyalahkan inovasi saat terjadi kesalahan di ujung jalan. "Inovasi bisa gagal, bisa berhasil. Siapa yang mau coba berinovasi kalau gagal disalahkan? Tapi aturan kita seperti itu," kata Presiden.

Padahal, sambung Jokowi, keleluasaan untuk bereksperimen harus diberikan kepada seluruh masyarakat agar dapat hasil yang lebih memuaskan. "Karena inovasi itu membutuhkan eksperimen, dan itu membutuhkan biaya," tandasnya.

(aky) / (okezone.com)